VIRUS PADA LINUX

11 Juli 2008




Uooopssssssss LINUX ada Virusnya????
Gak Perlu Gempar!!mungkin ini termasuk salah saya,pernah mempostingkan suatu artikel yang menyebutkan jika Sistem Operasi LInux BEBAS dari JANGKITAN VIRUS,namun sudah saya ralat,bebas yang saya artikan disini adalah virus yang masuk ke Linux tidak akan bisa berkembang layaknya pada sistem operasi windows.Sepengetahuan saya yang bodoh ini,virus diLinux bukanlah hal luar biasa,virus pada Linux telah berkambang pada tahun 1996 secara singkat,jadi itupun hanya secara singkat.so untuk ukuran sebuah virus bukanlah hal baru,hanya pada saat ada atau munculnya virus baru yang dikatakan menyerang linux,banyak vebdor-vendor yang membesar-besarkan masalah ini,sehingga linux sedikit dicurigai akan benasib sama dengan Windows.maklumlah ajang promosi anti virus didunia maya udah kayak ajang pomosi cagub di bali aja.


Sulitnya virus berkembang pada linux dikarenakan oleh :
@@ Sistem Operasi Linux adalah sistem operasi yang didesain untuk lingkungan multiuser. Jika dikelola dengan benar, virus bisa saja menginfeksi berkas-berkas yang dimiliki oleh seorang pengguna, tetapi akan sulit untuk menjalar ke berkas-berkas yang dimiliki oleh pengguna lain.
@@ Pada Linux, sulit untuk mengeksekusi program secara tidak sengaja. Virus-virus masa kini seringkali menyamarkan dirinya sebagai aplikasi, folder atau dokumen. Tetapi pada Linux, hal tersebut sulit dilakukan.
@@ Sebagian besar pengguna Linux tidak perlu lagi mengunduh (download) aplikasi secara manual. Kebanyakan distribusi sudah siap pakai untuk keperluan umum. Jika perlu menginstal aplikasi baru, hal tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan repository milik distro yang dipakai dan instalasi baru dilakukan setelah proses verifikasi yang berlangsung secara otomatis.
@@ Seorang pengguna tidak dapat memodifikasi berkas-berkas sistem. Ia dan program yang ia jalankan (termasuk virus) hanya dapat memodifikasi berkas-berkas yang ia miliki. maka dari itu saya dapat mengatakan LInux AMAN.ya setidaknya Lebih aman lah dari windows yang sering kita gunakan( lagi berusaha berdalih biar gak kalah kayak para orang gede di meja hijau sana )
perlu di ingat,Satu hal yang dapat menyebabkan virus tersebar adalah celah keamanan pada sistem. Sebagian besar virus Linux menyebarkan dirinya dengan memanfaatkan celah-celah keamanan tersebut. Solusinya bukan dengan menginstal aplikasi anti virus, tetapi dengan menutup celah-celah keamanan tersebut.
jadi tak perlu takut akan maraknya artikel yang mempromosikan VIRUS DI LINUX!!!

2 Comments:

Anonim said...

halo...
hihihi... numpang lewat lagi :-)
setuju tu ama pendapatnya di atas. Virus di Linux si ada, tapi gak ampe merusak sistem atau penyebarannya dibatasi karena adanya hak akses yang berbeda2 pada setiap user. Selain itu juga virus yang di Linux baru menyerang data file openoffice aja. JAdi tidak merusak sistem.

Kalo dilihat, dipikir dan dicermati sepertinya Window$ juga pertahanannya gak kalah kuat dengan Linux, tapi kenapa banyak virusnya ya?

Setelah di kaji lebih mendalam, hehee perbedaan yang paling mendasar antara Window$ dan Linux adalah Window$ bersifat komersial dan dimiliki oleh sebuah perusahaan dan Linux bersifat social dan dimiliki oleh semua orang. Jadi aneh rasanya kan, kalau kita menyakiti diri sendiri. Beda dengan SO Window$, yang kemungkinan banyak oknum pada ngiri, atau juga emang karena disengaja dari tu yang punya biar si konsumen truz update productnya. Nayoooo.....

Prawira Aditama said...

Btul banget !..